Mudahnya Mengajar Bahasa Inggris dengan Menerapkan Cara-Cara Berikut Ini

Terlahir di negara Indonesia yang memiliki banyak ragam suku dan bahasa membuat setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Begitu masuk sekolah, tentu anak akan mulai belajar mengenai lingkungan sekitar dan berbagai hal lainnya. Hampir sebagian besar masalah yang ditemukan pada anak sekolah adalah kurang memahaminya materi pelajaran yang diberikan, terutama dalam pelajaran Bahasa Inggris.

Padahal, kemampuan berbahasa Inggris sangat penting saat ini. Banyak sekali perguruan tinggi dan perusahaan yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari. Jika anak murid ada yang belum menguasainya, tentu akan menjadi masalah besar dikemudian hari.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar anak murid bisa belajar Bahasa Inggris dengan mudah.

 

1. Buat Mereka Memahami Kosa Kata (Vocabulary)

Untuk mempelajari bahasa asing, terlebih Bahasa Inggris, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah membuat para  murid mengerti dan menghafal kosa kata sebanyak mungkin. Pada awalnya, hal ini memang cukup sulit dilakukan karena itu sebagai seorang pengajar, Anda bisa memberitahukan bahwa cara ini harus dilakukan secara bertahap. Misalkan dengan membuat rencana selama 1 bulan, di mana setiap harinya minimal harus bisa menghafal setidaknya 3 kosa kata baru.

Jika rutin dilakukan, dalam 1 bulan setidaknya anak sudah bisa memiliki bekal yang bisa dikatakan cukup untuk Anda ajari Bahasa Inggris. Jika anak didik sama sekali tidak mengerti vocabulary beserta artiannya, bagaimana mereka bisa mengerti apa yang diajarkan? Pasti akan terasa sulit bukan?


2. Mulai Ajarkan Materi Belajar

Saat anak didik sudah mulai terbiasa dengan vocabulary, pronunciation, teknik penulisan barulah Anda bisa mulai mengajarkan mengenai grammar, tenses, dll. Perlu ditekankan bahwa untuk menerjemahkan suatu kalimat tidak bisa melalui per kata, tapi harus per kalimat agar maknanya tersampaikan dengan baik. Karena itulah di tahap awal, teknik menghafal kosa kata diperlukan untuk bisa sampai di tahap ini. Seiring berjalannya waktu, kemampuan menerjemahkan akan semakin baik dan itulah tujuan dari metode ini.

Baca juga: Mana yang Lebih Efektif Dalam Belajar, Praktik? Ataukah Teori?


3. Berikan Latihan untuk Mengasah Kemampuan

Kemampuan yang dimiliki jika tidak pernah diasah makin lama akan semakin tumpul, apalagi Anda mengetahui bahwa ada anak murid yang belum terlalu bisa dalam pelajaran Bahasa Inggris. Untuk itu, peran Anda sangat dibutuhkan untuk membantunya berkembang dan terus belajar.

Cobalah untuk memberikan latihan soal ringan, bisa berupa listening, reading & writing untuk melihat sejauh mana anak didik Anda sudah berkembang. Dengan cara seperti itu, Anda bisa memberikannya pengarahan di mana hal-hal yang perlu diperbaiki.


4. Manfaatkan Fasilitas Lab Bahasa

Menggunakan fasilitas laboratorium Bahasa Inggris juga akan membantu Anak untuk lebih cepat dalam proses belajar. Ada berbagai perlengkapan lab bahasa yang mendukung siswa/siswi agar bisa belajar dengan maksimal, baik berupa media visual ataupun audio. Sekolah yang selalu memperhatikan kualitas seluruh siswa/siswinya pasti akan menyediakan media/fasilitas yang bisa membantu proses belajar agar menjadi lebih efektif dan efisien.


5. Sarankan untuk Terus Berlatih Secara Rutin

Terakhir, Anda bisa memberikan motivasi dan pengarahan bahwa para murid harus secara rutin tetap belajar dan mengasah kemampuan Bahasa Inggris. Bisa melalui internet, buku, menonton film, kamus mendengarkan lagu, ikut kursus ataupun cara lainnya. Kemampuan yang terus dilatih secara rutin akan membantu mereka menyempurnakan teknik berbicara dan menerjemahkan Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dengan lancar. 

guarantee

PT. Parchaindo Utama Memberikan Garansi Spare Part dan Service kepada setiap produk laboratorium bahasa yang kami sediakan, silahkan menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.