Menghidupkan Suasana Belajar Di Lab Bahasa

DI era pendidikan berbasis karakter ini, pendidikan berubah menjadi sebuah kegiatan yang membosankan menjadi sebuah kegiatan yang bisa menghidupkan karakter setiap siswa. Hal ini yang menjadi perhatian pemerintah tentang bagaimana menciptakan kegiatan belajar mengajar yang selalu menarik perhatian setiap siswa, sehingga mereka dengan suka cita terlibat dalam proses belajar mengajar tersebut.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, para guru di berikan keleluasaan untuk mengadaptasikan berbagai macam metode pembelajaran yang nantinya bisa menghidupkan suasana belajar. Salah satu metode yang dianggap paling mudah oleh sebagian besar tenaga pengajar dalam menyampaikan materi pembelajarannya adalah dengan bantuan media audio visual.

 

Untuk menyampaikan metode pembelajaran menggunakan media audio visual, biasanya para guru akan memanfaatkan fasilitas ruang laboratorium bahasa. Dimana dalam laboratorium tersebut terdapat berbagai macam perlengkapan yang bisa membantu tercapainya misi dari proses pembelajaran berbasis karakter ini, yaitu peran serta aktiv para siswa dalam proses pembelajaran.

 

Proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar dapat menciptakan kerjasama dengan siswa lain dan dapat memperoleh informasi yang banyak. Menurut Hamalik dalam bukunya yang berjudul “Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi” , menyatakan bahwa pembelajaran merupakan kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran.

 

Dengan memanfaatkan perlengkapan di laboratorium bahasa seperti headphone, layar televisi berukuran besar hingga perlengkapan digital seperti komputer, mampu menghidupkan suasana belajar mengajar yang efektif.

 

Andil Besar Seorang Guru dalam Menghidupkan suasana belajar

Semua orang yakin bahwa guru memiliki andail sangat besar terhdap keberhasilan sebuah pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidup secara optimal. Keyakinan ini muncul karena manusia adalah makhluk lemah, yang dalam perekembangannya senantiasa membutuhkanorang lain sejak lahir, bahkan pada saat meninggal dunia. Demikan juga dengan peserta didik sejak orang tuannya mendaftarkannya di sekolah.

 

Minat, bakat, kemampuan dan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan guru. Dalam kaitan ini guru harus memperhatikan peserta didik  secara individual, karena antara satu peserta didik dengan yang lainnya memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Memahami realitas dilapangan tentang peranan dan eksistensi guru betapa besar jasa guru dalam membantu pertumbungan dan perkembangan para peserta didik. Eksistensi dalam pembentukan kepribadian anak, guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM), serta mensejahterakan masyarakat, kemajuan bangsa dan negara.

 

Dengan memanfaatkan berbagai perlengkapan yang ada disekitar, dan melalui penelahan metode pembelajaran yang tepat, suasana belajar dapat dihidupkan berkat peran aktif guru yang selalu kreatif dalam mengeksplorasi kemampuan individual setiap peserta didiknya.

guarantee

PT. Parchaindo Utama Memberikan Garansi Spare Part dan Service kepada setiap produk laboratorium bahasa yang kami sediakan, silahkan menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.