Mengenal Laboratorium bahasa multimedia beserta fungsinya dalam Belajar bahasa asing

Peralatan laboratorium bagi pembelajaran bahasa asing adalah sebagai pembelajaran Listening yang juga dapat digunakan pada saat pembelajaran Speaking, Writing, maupun Reading. Target  yang mesti dicapai dengan penggunaan laboratorium bahasa di sini adalah agar pembelajar dapat mendengar, melihat, mengamati, dan memahami bagaimana penutur asli menggunakan bahasa asing itu dalam berbagai situasi yang berbeda-beda. Dengan begitu diharapkan pembelajar mampu meniru model yang diberikan oleh penutur asli. Dengan kata lain, pembelajar dapat secara langsung mengambil referensi asli, dan bukan referensi kedua, ketiga, atau keempat yang cenderung berbeda. Untuk mencapai target itu pengajar perlu menyiapkan beberapa kaset atau VCD yang berisi rekaman suara maupun gambar penutur asli. Adapun teknik penyajian materi tersebut dapat dilakukan dengan beberapa macam tindakan sebagai berikut :

  • Memanfaatkan Kaset Audio
    Instruktur akan memutarkan kaset audio yang berisi cerita pendek yang menarik, dengan durasi kurang lebih 40 s.d 130 detik. Dengan menggunakan headset, pembelajar berkonsentrasi mendengarkan isi audio tersebut, biasanya berupa percakapan,atau pembacaan teks bahasa inggris, Hasil rekaman dapat didengarkan secara ulang sesuai keperluan secara otomatis. Berikutnya, memancing daya konsentrasi pembelajar untuk mencoba menceritakan kembali isi cerita yang telah diperdengarkan secara lisan maupun tulisan dalam bahasanya sendiri.
    Langkah selanjutnya dapat dilakukan beberapa variasi kegiatan, misalnya menjawab pertanyaan soal tentang isi cerita secara lisan, bersama-sama maupun individual, mentranskrip cerita, berdiskusi tentang bagian-bagian yang sulit ditangkap, atau mengisi pada lembar jawaban yang telah disediakan.

  • Memanfaatkan VCD/DVD Player
    Saat ini banyak program pelajaran Bahasa Inggris yang terkemas dalam bentuk VCD/DVD. Dengan laboratorium multimedia, peralatan ini dapat digunakan dengan memanfaatkan fasilitas VCD/DVD player yang terdapat di dalamnya.

  • Memanfaatkan Komputer Multimedia
    Dengan fasilitas CD Rom yang terdapat pada komputer, guru dapat menampilkan tulisan atau gambar disertai dengan suara. Selain itu, melalui CD Rom, guru juga dapat mengulangi materi-materi yang disajikan dengan lebih efisien dan mudah. Selain digunakan untuk menjalankan VCD/DVD, komputer multimedia pada laboratorium bahasa dapat pula menampilkan program Power Point yang tidak saja dapat dimanfaatkan dalam pengajaran Bahasa Inggris, tetapi juga untuk kepentingan presentasi lain.

Laboratorium bahasa multimedia semestinya dipandang penting sebagai media pembelajaran bahasa asing yang memfasilitasi pengajar/pembelajar untuk dapat bekerja secara lebih efektif.

guarantee

PT. Parchaindo Utama Memberikan Garansi Spare Part dan Service kepada setiap produk laboratorium bahasa yang kami sediakan, silahkan menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.