Mana yang Lebih Efektif Dalam Belajar, Praktik? Ataukah Teori?

Proses pemahaman materi yang diajarkan bisa dikatakan sepenuhnya baik apabila para siswa-siswi bisa menangkap dengan jelas maksud yang disampaikan oleh guru ataupun pengajar. Hal ini bisa dilakukan melalui metode belajar & gaya penyampaian. Belajar haruslah dimulai dari kesadaran diri sendiri dan jangan sampai merasa ada paksaan dari luar, jika para murid merasa ada paksaan ataupun rasa tidak suka, proses belajar akan menjadi kurang efektif karena secara tidak sadar akan terbentuk penghalang dalam pikiran para siswa & siswi untuk menolak informasi yang diberikan.

Bisa dikatakan mereka hanya akan fokus pada ketidaksukaan, terus memikirkan alasan mengapa saya harus menerima apa yang saya tidak sukai.Ditambah lagi, anak harus belajar dari pagi hingga siang hari di sekolah. Pasti ada yang namanya rasa jenuh ataupun bosan. Itu adalah hal yang wajar. Kondisi ini harus segera disadari oleh para pengajar untuk membuat para murid bisa kembali bersemangat belajar.

Baca juga: Berbagai Fasilitas yang Sebaiknya Dimiliki Oleh Sekolah-Sekolah di Indonesia

Ada beberapa mata pelajaran yang mengharuskan para murid tidak hanya mengerti dari sisi teori, tapi juga menguasai secara praktik. Hal ini juga pernah menjadi perdebatan mengenai sisi teori dan praktik mana yang lebih didahulukan. Tak jarang, banyak orang yang tersesat dalam anggapan yang salah mengenai kedua hal ini.

Lalu Bagaimana Menyikapi Kedua Perbedaan Tersebut?

Langkah yang paling bijak adalah dengan mengkombinasikan antara praktik dan teori. Jika hanya mengandalkan salah satunya saja, maka akan terjadi ketidakseimbangan. Pemahaman akan teori terlebih dulu sebelum melakukan praktik ibarat sebuah petunjuk arah/pedoman yang harus dimiliki. Setelah itu, melakukan praktik adalah keadaan sebenarnya yang bisa dirasakan dengan mengikuti petunjuk dari teori yang telah diketahui. Saat ditarik garis lurus, akan terlihat bahwa teori dan praktik saling melengkapi.

Itulah mengapa setiap sekolah harus memiliki laboratorium khusus sendiri, baik untuk pelajaran SAINS, multimedia, bahasa & komputer. Dengan begitu, para murid tidak hanya belajar mengenai teori tapi tidak pernah melakukan praktik secara langsung. Peran & peralatan lab bahasa juga akan membantu para siswa menguasai bahasa asing dengan lebih mudah karena dilengkapi dengan bantuan teknologi modern masa kini.

Tersedianya sarana praktik yang memadai melalui ruang laboratorium juga akan membuat siswa siswi lebih mengembangkan kemampuan yang mereka miliki, hal ini juga cukup efektif untuk menghilangkan kejenuhan. Pastinya setiap anak murid butuh sedikit waktu untuk membuat pikiran mereka rileks sesaat karena terlalu banyaknya materi belajar yang harus mereka pahami di dalam kelas.

Itulah pembahasan mengenai mana yang lebih efektif antara praktik atau teori dalam belajar. Keduanya haruslah bisa dilakukan secara seimbang untuk mendapatkan pencapaian yang luar biasa.

guarantee

PT. Parchaindo Utama Memberikan Garansi Spare Part dan Service kepada setiap produk laboratorium bahasa yang kami sediakan, silahkan menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.