Maksimalkan Peranan Otak Kiri & Otak Kanan Dalam Belajar Supaya Lebih Efektif

Otak manusia telah dirancang sedemikian rupa sebagai pusat untuk memproses dan mengolah sumber informasi yang masuk dengan tepat dan akurat. Bagian otak manusia itu sendiri terdiri dari otak kanan dan otak kiri yang di mana setiap bagian otak memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Umumnya, seseorang yang dominan menggunakan otak kiri akan lebih banyak unggul dalam hal-hal yang bersifat logika, analitis, dan juga unggul dalam bidang bahasa dan numerik.

Sedangkan, seseorang yang dominan dengan otak kanan adalah mereka yang memiliki daya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi, memiliki kemampuan visual yang baik, mengandalkan perasaan, mempunyai selera yang bagus dibidang seni dan musik, serta memiliki intuisi dan lebih peka terhadap perasaan/emosi di lingkungan sekitar.

Peranan keduanya sangat penting dalam membantu proses belajar. Namun, karena dunia pendidikan di negara Indonesia masih mengedepankan porsi yang lebih besar pada penggunaan otak kiri sehingga anak-anak yang dominan otak kanan cenderung kurang bisa mengikutinya. Hal ini tidak terlepas dari ketidaktahuan mengenai fungsi dan manfaat otak kiri dan kanan.

Ada begitu banyak orang sukses yang dominan dengan otak kanan, namun tidak begitu berhasil ketika berada di bangku sekolah. Apalagi, saat ini dunia semakin modern. Semua hal-hal yang dikerjakan dengan sepenuh hati dan memiliki nilai seni yang tinggi, bisa memiliki nilai jual yang baik pula, bahkan bisa dijadikan profesi. Tentunya melakukan hobi sebagai suatu pekerjaan akan lebih membuat seseorang merasa senang dan tidak terbebani, bukan?

Konsep pendidikan modern inilah yang sebaiknya diterapkan. Dengan menggabungkan dan mengemas  metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan fungsi kerja otak kiri dan kanan, pastinya setiap anak bisa memahami maksud yang disampaikan dengan lebih mudah. Para pengajar bisa mencari jalan tengah untuk menggabungkan kedua fungsi otak ini, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi laboratorium bahasa multimedia untuk bisa mendukung aktivitas pengajaran yang lebih efektif dan efisien.

Guru bisa meringkas bahan ajar dan membuatkannya dalam bentuk visual, sehingga daya imajinasi dan pola pikir siswa akan terbentuk bersama seiring dengan intensitas pola belajar yang dilakukan di sekolah. Beberapa metode sederhana dalam melatih keseimbangan otak kiri dan kanan juga bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensi para pelajar.

Jika ditanya mana yang lebih baik, antara penggunaan otak kiri dan otak kanan, jawabannya adalah akan lebih ideal jika seorang pelajar bisa menggunakan kedua fungsi otaknya secara seimbang. Selain membantu di akademik, otak kanan yang terasah dengan baik juga akan membantu mereka menemukan hobi yang diinginkan.

Seorang anak yang sudah bisa menyeimbangkan kedua fungsi otaknya dengan baik akan dapat fleksibel dalam bersosialisasi dan memiliki daya nalar yang tinggi untuk memecahkan suatu masalah. Bahkan, mereka juga memiliki kemampuan imajinasi baik. Dengan begitu, akan terlahirlah generasi penerus bangsa yang semakin berkompeten dan mampu bersaing dalam persaingan global masa kini.

guarantee

PT. Parchaindo Utama Memberikan Garansi Spare Part dan Service kepada setiap produk laboratorium bahasa yang kami sediakan, silahkan menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.