Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Anak?

Kemampuan Komunikasi Verbal atau kemampuan berbahasa sangat penting dimiliki oleh setiap anak. Sebaiknya, kemampuan ini sudah dikembangkan sejak mereka masih dini. Hal ini dikarenakan mereka akan bertemu dengan orang-orang baru di lingkungan mereka.

Tentunya, setiap anak harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan sesama agar mereka mudah bersosialisasi dengan teman-temannya. Tak hanya itu, komunikasi verbal yang baik mampu meningkatkan kecerdasan anak di bidang linguistik.

Seperti berbicara di depan umum, menulis, mendongeng, dan caranya beradaptasi dengan lingkungan baru. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi verbal anak.

 

  1. Dorong Anak Agar Rajin Membaca

Berikan anak bahan bacaan yang sesuai dengan umurnya. Seperti buku cerita, majalah anak, buku edukasi melalui gambar-gambar yang menarik, dan tentunya membuat anak termotivasi untuk membaca.

Dengan membaca, kemampuan anak di bidang linguistik akan meningkat dan dapat menambah kosakata. Tak hanya itu, membaca akan merangsang otak kanan nya untuk berkreativitas seperti meningkatnya daya imajinasi.

  1. Ajak Anak Untuk Bercerita

Setelah daya imajinasinya meningkat, doronglah anak agar ia menuangkan imajinasinya ke dalam media tulisan. Ajarkan anak untuk berbicara mengenai cerita yang ia khayalkan atau menulis cerita di kertas untuk meningkatkan penguasaan kosakatanya.

Rutin melatih anak berbicara seperti menceritakan apa saja tentang apa yang sudah ia lihat dan dengar, sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuannya menyusun kata dan kalimat yang baik dan benar.

  1. Latihan Mendengarkan

Kemampuan verbal tak lepas dari kemampuan anak untuk mendengarkan. Terutama bagi anak yang kesulitan membaca, bisa dengan melatihnya mendengarkan cerita, lagu yang sesuai dengan umurnya atau melalui media edukasi audio visual seperti menonton animasi yang mendidik agar anak mudah menyerap informasi yang diberikan media pembelajaran tersebut.

Hal ini akan meningkatkan kemampuan komunikasi verbal nya lebih baik lagi. Terutama bagi anak yang kesulitan berbicara di depan umum.

  1. Permainan Komunikasi Verbal

Media permainan merupakan salah satu media yang efektif untuk mengasah motorik     sekaligus kemampuan penguasaan kosakata seperti kuis tebak-tebakan, teka-teki silang, scrabble, dan lain-lain.

Karena pada umumnya anak-anak menyukai permainan, hal ini akan membuat mereka terdorong untuk bermain sambil belajar.

  1. Ajak Anak Untuk Bersosialisasi

Anak yang suka bersosialisasi akan berbeda kondisi psikologisnya dengan anak yang       jarang bersosialisasi.

Biasakan selalu mengajarkan anak untuk menyapa, mengucapkan salam, bertanya dengan sopan baik itu kepada orang yang lebih tua maupun yang lebih muda, dan aktivitas apapun yang melibatkannya berinteraksi dengan orang lain, seperti mengikuti kursus bahasa inggris, menyanyi, menari, atau kursus yang sesuai dengan minatnya.

Semoga 5 cara tersebut dapat membantu Anda yang kesulitan dalam mengatasi permasalahan komunikasi verbal pada anak. Dan jangan lupa beri teladan yang baik dalam berbahasa di kehidupan sehari-hari kepada anak. Karena sesungguhnya anak adalah peniru yang baik terhadap lingkungan sekitarnya. 

guarantee

PT. Parchaindo Utama Memberikan Garansi Spare Part dan Service kepada setiap produk laboratorium bahasa yang kami sediakan, silahkan menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.