Apa Saja Metode Belajar Bahasa Inggris yang Digunakan di Laboratorium?

Saat ini, hampir setiap sekolah mulai dari SLTP hingga SLTA sudah memiliki laboratorium Bahasa. Hal ini sangat penting, karena melangsungkan pembelajaran di dalam laboratorium akan meningkatkan kualitas belajar siswa dan proses mengajar guru juga lebih efisien karena di dalam laboratorium terdapat beberapa alat pendukung belajar mengajar. Peralatan yang ada di laboratorium memang di desain untuk untuk memaksimumkan kemampuan siswa dalam belajar dan dari situ para siswa akan bisa belajar Bahasa Inggris dengan maksimal. Simulasi belajar mengajar juga dapat dilakukan dengan beberapa cara dan komunikasi.

Seperti yang diketahui, pada umumnya belajar Bahasa Inggris lewat media laboratorium Bahasa dibagi menjadi tiga fungsi, yakni percakapan, mendengarkan, serta instruktur yang diberikan oleh guru atau staff laboratorium selama proses belajar mengajar. Biasanya, laboratorium menyediakan sejumlah peralatan canggih sebagai sarana pendukung atau fasilitas pembelajaran.

Adapun fungsi laboratorium sebagai sarana belajar Bahasa Inggris yang biasa dipakai yakni sebagai berikut:

1. Mendengarkan

Dalam proses ini siswa diminta untuk mendengarkan materi pembelajaran menggunakan bantuan alat elektronik yang disediakan. Guru akan memberikan perintah untuk mendengarkan materi subjek yang sudah dibuat sebelumnya dan biasanya siswa akan dibagi menjadi beberapa group.

2. Berbicara

Setelah melalui metode mendengarkan, siswa akan dituntut untuk melakukan berbagai model percakapan. Dimana proses metode percakapan ini bisa dilakukan dengan cara berpasangan Row dan column. Instruktur akan membentuk group dan memberikan materi untuk digunakan proses metode percakapan tersebut dengan masing-masing kelompok yang sudah dibentuk.

3. Memperhatikan

Dalam metode ini, instruktur bakal memberikan materi atau seperti pengumuman di laboratorium. Instruktur akan memberikan materi pembelajaran untuk seluruh siswa yang ada lewat ruang speaker. Kemudian siswa akan diminta untuk meresume dari apa yang dibicarakan di dalam speaker tersebut.

4. Intercom

Dalam metode ini, siswa bisa membuat panggilan ke percakapan dengan guru dan sebaliknya. Biasanya ini dilakukan dengan dua cara, kontak panggilan secara group, atau bisa juga secara individu. Tergantung pilihan random yang akan diambil oleh guru.

5. Text to Speech

Dalam metode ini, guru bisa menulis teks dalam Bahasa Inggris secara otomatis yang akan diucapkan dalam Bahasa Inggris oleh Komputer. Di mana teks pengucapan ini dapat diatur komposisi suara hingga kecepatannya.

6. Kontrol Multimedia dalam Laboratorium Bahasa Inggris

Di dalam laboratorium, perangkat lunak yang digunakan akan menyediakan kontrol khusus untuk operasi file audio atau video yang bisa dipakai dalam proses pembelajaran tertentu berdasarkan peraturan yang dibuat oleh guru.

Staff laboratorium ataupun guru pengajar akan menjalankan fungsi dari pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh siswa selama proses belajar mengajar. Pengawasan ini bisa pada setiap indvidu siswa, maupun per kelompok yang telah dibuat sebelumnya.

Demikianlah beberapa metode pembelajaran di Laboratorium Bahasa Inggris yang sering dilakukan di dalam ruangan laboratorium. Namun, tentu ini bukanlah metode yang paten sebab setiap sekolah/guru memiliki cara atau aturan tersendiri dalam proses belajar mengajar.

guarantee

PT. Parchaindo Utama Memberikan Garansi Spare Part dan Service kepada setiap produk laboratorium bahasa yang kami sediakan, silahkan menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.